Home » Uncategorized » Tentang Peradaban

Tentang Peradaban

Sebenarnya apa sih yang membuat peadaban mandeg? Apa karena masyarakat yang memang secara sadar “menolak modernitas ” dan tertutup dengan informasi dari luar?

Bukan, tidak,,,

yang terjadi mungkin adalah kesengajaan menutup informasi oleh oknum-oknum tertentu, para elit yang tidak ingin “keteraturan sosial” dalam masyarakatnya terganggu. Keteraturan sosial? Yah, maksudku kemapanan sosial yang menempatkan elit-elit tersebut dalam posisi yang memiliki hak-hak khusus dalam masyarakatnya.

Ini sekedar asumsi saja. Namun memang nampak seperti itu bagiku. Jika melihat kondisi Afrika, Jawa dan daerah lain yang “senasib”. Banyak orang-orang terpandang memandang sebuah pembaruan sebagai sebuah ancaman bagi tata sosial yang sudah mapan. Namun di sisi lain, ada -mungkin apologi- bahwa kekhatiran tersebut berhulu pada ketidakinginan elit-elit tersebut melihat masyarakatnya “tercemar” budaya luar yang -memang kadang- tidak sesuai dengan nilai-norma-adat yang arif.

Selanjutnya ilmu pengetahuan. Sejauh manakah kebolehan ilmu pengetahuan mengeksplorasi berbagai kearifan lokal yang ada di daerah? Ambil contoh, keingintahuan seseorang dalam memaknai sejarah kadang kala memaksanya memasuki ranah-ranah terlarang dalam adat. Semisal mendalami sejarah sebuah masyarakat tertentu kadang harus dengan meneliti makam ataupun tempat-tempat keramat yang terkadang tidak boleh didatangi.

Aku teringat dengan posisi ilmu pengetahuan di bad 15 an ketika gaung renaisaance bergaung di Eropa. Ilmu pengetahuan berada dalam posisi kontradiktif dengan dogma Kristen pada masa itu. Bagaimana tidak? Jika penggunaan nol, kalkulus dan kekosongan harus bertabrakan dengan dogma Aristotelian yang menyatakan bahwa tidak ada kekosongan di alam semesta. Atau teori geosentris yang akhirnya harus dipatahkan Copernicus?

Yah, mungkin perlu didiskusikan ini…

Advertisements

One thought on “Tentang Peradaban

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s