Home » Uncategorized » Adek Angga dan Ujiannya

Adek Angga dan Ujiannya

Pagi ini aku telfon seseorang, Anggraini Khoirotul Ummah namanya. Siswa kelas 3 sekolah menengah di sebuah Madrasah Aliyah di daerah Ponorogo. Dalam pembicaraan singkat -sekitar 12 menit- aku mendapati seorang siswa yang sedang “tertekan” dengan adanya ujian nasional. Tahun ini -kata dia- siswa Madrasah Aliyah juga harus menghadapi ujian pengetahuan keagamaan. Allah… berarti 3 ujian harus mereka lewati. Pertama, ujian nasional (la’natullah) yang menghadapkan 6 mata pelajaran. Kedua, ujian madrasah yang merupakan wewenang madrasah dan daerah, dan terakhir ujian pengetahuan keagamaan.

Pendidikan -katanya dan idealnya- adalah pemanusiaan manusia. tapi yang terjadi malah “proses pematian kreatifitas” dan pembodohan. Gimana gak bodoh coba? siswa belajar bukan karena keinginan pribadi namun karena paksaan pemerintah.

haduh sulit untuk mengungkapkan isi hatiku pasca mendengar celoteh dek Angga tadi pagi. Jadi ingat malam Jum’at kemarin ketika aku ngeles ngaji di tempat Azkiya. Malam itu kita nggak ngaji akhirnya karena Azkiya harus ikut seleksi CCAI esok paginya. So, aku nemenin dia belajar buat persiapan seleksi tersebut. Aku liat soal yang dipakai buat preview. Eeee… lagi-lagi aku harus misuh “Allahu Akbar…“. Seluruh soalnya hafalan!!!!

Fiqih, Aqidah, Qishoshul Anbiya’, Akhlak….Qur’an, Hadits…. semua hafalan dab!!!

Langsung aku teringat kata-kata almukarrom (hihihi) Cak Nun bahwa anaknya pernah bertanya, “yah… agama itu apa to??? tak kira agama itu mata pelajaran…”

Aku berfikir keras…iya ya… agama sekarang direduksi menjadi sebuah materi yang harus “diketahui”. bukan lagi menjadi nilai yang menginspirasi masnusia untuk membangun peradaban dan ber-relasi dengan Tuhan..

Semakin agama hanya dimaknai sebagai sebuah cover, ritual dan identitas, semakin dangkal dan jumud pula pemaknaan agama… Entah…

Leave a Reply

